Tuesday, March 26, 2013

What An Extraordinary Lecturer



Tuesday, 26th March 2013

                What a shocking night.. !! Mungkin itu kalimat pertama yang terfikirkan olehku setelah melalui kuliah dengan dosen yang luar biasa supeeerrrr…….!!!  Padahal ini pertemuan kedua ku dengan dosen yang satu ini. Namana Hj.Sri M Turut, embel-embel jabatannya aku belum tau, hehe tapi masih saja diriku dikejutkan  dengan cara beliau mengajar.
Beliau mengajar mata kuliah English Syntax dikelasku S4D, Beliau sosok dosen yang sangat detail, baik dalam penyampaian materi, prosedur atau dalam kedisiplinan. Survey dari kalangan mahasiswa yang pernah beliau ajar mengatakan bahwa beliau sangat pelit akan nilai, yah memang begitu.. sangat ketat akan perihal absensi, gag masuk satu kali pertemuanpun bakal dikejer dan ditagih harus ganti pertemuan yang absen… luar biasaaa.
Dan yang lebih luar biasanya lagi, usia beliau itu loohh.. saya yakiinnnn betul lebih dari 60 tahun.. beliau lebih tua dari nenek saya. Beliau sering batuk-batuk saat mengajar and can you imagine… kalau kelas yang harus beliau ajar itu ada di lantai lima??? Subhanallah… Belum lagi beliau tidak diantar jemput selama mengajar… beliau pulang sendiri naik angkot ke daerah Pancoran Jakarta Selatan… walhasil, kalau jarum jam udah mendekati jam 21:30, beliau sudah gelisah karena jam-jam segitu angkot yang beliau tuju sudah jarang .
                Terus apa yang ngebuat shock??? Cara ngajarnya itu lohhh… bayangkaann… beliau mengajar dan menerangkan materi dengan kecepatan tinggi, setara ama kecepatan cahaya mungkin (lebaayy)… yah walaupun ngerti sh ama materi yang beliau sampaikan karena orangnya detail dalam penyampaian… tapi  tangan sama otak jadi kerja rodi, satu sisi harus memahami, sisi lain , tangan mesti nulis catetan dengan cepat biar gag ketinggalan.
Puncaknya nih, beliau ceritanya ngasih soal, beliau tulis di white board,  soalnya bentuk essay atau isian sebanyak 20 soal… otomatis tmen kelas mayoritas pada nulis soalnya dulu semua baru jawabannya terakhir…karena tulisan di white board sering ketutupan sama beliau yang lagi nulis, bnyak anak kelas yang ketinggalan nulis soal. Eh pas beliau selesai nulis soal di white board, kurang dari 5 menit kemudian, soal yang kita tulis di kertas mesti harus dikumpulin, beliau ambil tuh satu-satu dari kita…. dicacak untuk diperiksa dan dinilai skornya… ekspresi wajah saat itu #Mlongo alias terbengong-bengong
gmana gag mlongo, wong soalnya ajah belum selese ditulis udah suruh dikumpulin en dinilai …-___-"
Luar biasa kaannn.. untungnya lumayan ada beberapa soal yang udah langsung kujawab…
Pas Koreksi punya temen ternyata bnyak yg lebih parah… mayoritas belum poda di isi dan bahkan soalnya ajah blum selesai.. LUAR BIASA KAN????

Tapi satu hal yang membuatku saluuuutt sama beliaauuu… Semangaat beliau mengajar,… apalagi di usianya yang begitu renta… halangan tidak membuatnya menyerah bahkan mundur untuk mengajar,,, kedisiplinannya dalam waktu dan ketelitiannya dalam mengamati sangatlah patut untuk ditiru… Yah walaupun dengan seabreg kejutan-kejutan yang selalu beliau berikan di setiap pertemuannya.
Really proud of her… :')

Pelajaan buat diri ini yang masih suka mengeluh ketika menghadapi segelintir masalah dalam mengajar… Hmm perbaiki niat, tata semangaattttt .. "keep moving on forward, don't give a shit about what anybody thinks, do what you have to do, for you".
Keep spirit all along.., Salam semangattt… ^^

~ Mutiara Embun~

No comments:

Post a Comment